Tutorial Dual Boot Windows Phone dan Android Native SD di HTC HD2

  Tidak ada komentar
Kali ini saya akan berbagi cerita tentang cara bikin dual boot HD2 Windows Phone dan Android NativeSD. Terdengar aneh kan?? Tapi memang benar bisa kok dua OS dalam satu HH ,wkwkwkwk.
ehemm please read carefully:

“segala kerusakan yang terjadi di HD2 Anda adalah tanggung jawab Anda, saya disini hanya memberikan tutorial dan berhasil di HD2 saya, jadi Do With Your Own Risk, jika takut ngebrick/rusak ya jangan teruskan membaca sampai bawah, hehe”

Oke jika Anda berani ambil resikonya langsung ke materinya, dibaca baik-baik. Pertama-tama ikuti langkah berikut ini:

1. Keadaan saat ini HD2 kamu harus sudah dalam posisi terinstall Windows Phone. Oya kalo bisa sdcardnya yang agak gedean ya kapasitasnya, disini ane make transcend 16 GB class 2. 
2. Sudah terinstall magldr, kalo bisa sudah yang versi 1.13
3. 4EXT Recovery yang bisa di download disini , dan EaseUS partition yang belum punya bisa didownload disini 
4. Siapkan ROM android yang mau dipake , ingat harus Android NativeSD ROM
5. Langsung  masuk ke setting Windows Phone kamu, kemudian ke about, lalu tekan “reset your phone” (ingat semua data dan aplikasi akan terhapus !)
6. Setelah itu HD2 akan reboot. INGAT!!  jangan biarkan HD2 masuk ke WP(Windows Phone) ! maka dari itu pencet tombol merah (tombol untuk merestart) sampai muncul menu magldr. Pilih option yang paling bawah yaittu power down, tekan tombol ijo.
7. Nah kan uda mati HD2nya, copot sdcardnya dan masukin ke card reader lalu buka EaseUS partition manager.
8. Pasti yang ada di sdcard itu ada 2 format, yang satu FAT16 berukuran 200MB an kalo yang satunya itu unformatted, yang unformatted itu format khusus yang dibuat oleh Windows Phone dan hanya dikenali sama Windows Phone saja. Disini kita coba bikin partisi WP jadi lebih kecil dengan klik kanan di blok partisi tersebut lalu pilih “move/resize format”. Kita bikin partisi untuk Windows Phone lebih besar daripada Android, lihat contoh gambar 

Di gambar tersebut saya bikin seperti itu, yang untuk WP 7,8 Gb, dan kemudian klik “apply”. Nah yang partisi FAT16 tadi kita klik kanan dan resize lagi, geser blok nya sampai mentok ke kanan kemudian apply. lihat gambar


9. Nah akhirnya partisinya androidnya jadi gede kan, jadi hanya ada 2 partisi sekarang, partisi WP sama FAT32, Ingat ya partisi WP harus lebih besar dari Android. Setelah itu klik kanan di partisi FAT32 dan pilih format partition, ganti cluster size jadi 32KB dan apply, lihat gambar


10. Nantinya jika masuk ke windows phone HD2 kamu akan berubah partisinya, kalo saya yang awalnya 14,x GB (lupa) sekarang jadi 7.4 GBan. Masukin sdcard kamu lalu booting ke WP coba dan lihatlah yang terjadi,kita disuruh untuk setting jam blablabla karena WP telah direset ulang,santai ja terusin dan jangan lupa liat ukuran sdcard di setting>about. Kalo lancar kita lanjutkan ke langkah selanjutnya, kalo gagal masuk ke step 5 lagi.
11. Oya kadang ada ROM yang mengharuskan kita untuk membuat partisi EXT4, jika ingin membuat partisi tersebut harus menggunakan “MiniTool Partition Wizard”, tapi saya ga bisa share karena itu software berbayar dan dilindungi hak cipta :) . Caranya sama yaitu partisi untuk android diresize lagi sampai ukuran yang kamu inginkan, biasanya sih 1GBan. Setelah di resize dan apply, sekarang partisi unallocated itu klita klik kanan dan pilih create, lalu kita pilih primary dan ext4 lalu apply.
12. Oke sekarang saatnya copy paste ROM android kamu ke sdcard, pasti yang kedetect sama computer yang FAT32 tadi. ROM kamu harus berformat .zip dan ingat , ROM Android SD beda sama NativeSD ya. Jangan lupa extract EXT4 recovery yang sudah didownload lagi ke dalam sdcard. Folder 4EXTR ditaruh ke root folder ya, jangan dimasukin ke folder lagi.
13. satu lagi, kalo partisi windowsphone nya masih logical, ganti ke primary dengan cara klik kanan partisi WP lalu cari option "set as primary" lalu apply.
14. Sip sekarang masuk ke magldr , pilih option “service” -> bootsetting -> AD SD Dir ,lalu pilih foder 4EXTR tersebut. Setelah itu kan balik ke menu awal, pilih option “boot AD SD” dan kamu akan masuk recovery.
15. Kalo uda masuk recovery gini gampang kan?tinggal install zip from sdcard dan pilih ROM .zip kamu tadi. Tunggu ampe selesai ya..
16. Setelah kelar install ROM reboot HD2 kamu, kamu belum bisa boot ke android sebelum kamu ganti folder AD SD dir , karena itu masuk magldr pilih “service” -> bootsetting -> AD SD dir. Taraa kamu liat ada folder NativeSD kan, pilih folder itu dan pilih pilihan “boot AD SD”.
17. Oke sudah selesai , kamu sudah berhasil install Native SD android, tunggu agak lama ya, karena ROM ini berada di sdcard jadi butuh waktu yang agak lama, keep sabar :)
18. Untuk selanjutnya jika kamu ingin booting WP ga usah masuk magldr dulu, tapi jika ingin masuk ke Android harus ke magldr dan pilih boot AD SD.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar