Cahaya Biru a.k.a Bluelight Filter yang Dapat Membuat Anda Susah Tidur

  Tidak ada komentar
Bluelight

Di zaman modern ini teknologi sudah sangat melekat pada diri kita, khususnya pada smartphone maupun tablet. Kita sering kali mengecek gadget kita hanya untuk melihat status Facebook, bermain game ataupun membaca email yang masuk. Bahkan terkadang kita melakukan hal tersebut sebelum kita tidur. Terkadang kita terbangun tengah malam lalu mencoba meraih gadget kita apakah ada pemberitahuan baru, dan biasanya kita jadi susah tidur setelah membacanya terlalu lama. Kebiasaan buruk ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan medis bahwa cahaya yang ditimbulkan oleh layar gadget kita dapat mengakibatkan susah tidur. 

Asosiasi Medis Amerika mengeluarkan kebijakan bahwa cahaya yang berlebihan di malam hari, termasuk penggunaan media elektronik yang berkepanjangan, dapat mengganggu tidur, terutama pada remaja dan anak-anak. Setiap cahaya memang mengganggu, tetapi dalam beberapa tahun terakhir penelitian telah memusatkan pada cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget kita kekuatannya hampir sama dengan lampu pijar.

Cahaya biru atau yang biasa disebut bluelight sering kita lihat di siang hari, jadi tubuh kita menganggapnya siang hari jika kita melihat cahaya ini. Itulah mengapa kemudian cahaya biru menyebabkan kita jadi lebih terjaga. Cahaya biru memberi tahu otak untuk menekan melatonim, hormon yang membantu untuk mengatur jam tidur kita sehingga jam tidur kita tergeser jika kita terlalu sering melihat cahaya biru.

Saat ini kita dapat mengurangi efek negatif dari cahaya biru ini di smartphone android kita, salah satunya menggunakan aplikasi 'Filter Pelindung Mata' yang dapat diunduh dari Play Store. Aplikasi ini juga dapat membuat tampilan layar gadget Anda menjadi lebih natural.

Beberapa tips lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek cahaya biru:
  • Hindari menggunakan perangkat elektronik yang menghasilkan cahaya biru seperti handphone, tablet, monitor PC / Laptop, TV dua sampai tiga jam sebelum tidur.
  • Gunakan lampu bohlam kuning atau warna putih hangat 2700K di kamar tidur
  • Jika Anda seorang pekerja shift malam Anda dapat menggunakan kacamata yang dapat memblok cahaya biru atau dapat menggunakan filter monitor.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar